5 Makanan Berkarbohidrat Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

130 View

bdg.co.id Beberapa makanan karbohidrat dapat menjadi cara untuk menurunkan kolesterol dan tetap idealnya kurang dari 200 mg/dL.

Karbohidrat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu karbohidrat kompleks (berdasarkan makanan utuh) dan karbohidrat sederhana (berdasarkan makanan olahan).

Karbohidrat kompleks biasanya bebas dari gula tambahan, penuh nutrisi penting, dan mengandung lebih banyak serat daripada kebanyakan karbohidrat sederhana.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan rendah karbohidrat mungkin memiliki manfaat penurun kolesterol. Namun, ini tidak berarti bahwa kita harus 100 persen bebas karbohidrat.

Ada sejumlah karbohidrat terbaik yang dapat berperan dalam menurunkan kolesterol. Berikut adalah beberapa makanan karbohidrat terbaik untuk menurunkan kolesterol:

1. Buah Tin

buah ara atau buah ara tidak hanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol berkat kandungan serat larutnya.

2. Buah Plum

Mengutip makan dengan baik, telah ada penelitian dalam Journal of Medicinal Food pada wanita pascamenopause yang makan sekitar 5-6 Plum setiap hari selama 6 bulan dan menawarkan hasil kesehatan kardiovaskular, termasuk: meningkatkan kolesterol baik (HDL) menurunkan rasio kolesterol total terhadap HDL.

Studi klinis lain menemukan bahwa mengonsumsi buah plum dapat memainkan peran positif dalam pengaturan mikroflora usus. Pada gilirannya, dapat menurunkan kadar kolesterol total di antara orang-orang dengan kolesterol sedikit meningkat.

3. Oat

makan oat mungkin salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol. Ini berkat serat beta-glukan unik yang dikandungnya. Beta-glukan adalah polisakarida yang bertindak sebagai serat makanan yang larut dalam air. Serat ini mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membantu menghilangkannya sebelum diserap oleh tubuh. Dalam satu meta-analisis yang mengevaluasi 28 penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa menambahkan setidaknya 3 gram gandum per hari dapat mengurangi kolesterol LDL sebesar 10 mg/dL.

5. Apel

apel adalah sumber alami berbagai polifenol dan serat, faktor yang secara alami dapat mendukung kesehatan jantung.

Apel juga bebas natrium dan bebas lemak jenuh, dan menawarkan rasa manis tanpa tambahan gula. Di antara nutrisi yang ditemukan dalam apel, ada pektin yang membantu mencegah kolesterol diserap ke dalam aliran darah.

Sebuah penelitian yang mengevaluasi orang dengan kolesterol rendah menunjukkan bahwa mereka memiliki kebiasaan mengonsumsi 2 buah apel setiap hari, sehingga dapat menurunkan kolesterol LDL dalam darah mereka.

Mengutip makan ini, pektin ditemukan di kulit apel, jadi lebih baik tidak mengupas kulit saat menikmati buah ini.

4. Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran bertepung (mengandung karbohidrat). Setiap porsi kentang mengisi tubuh kita dengan serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah kita, yang berarti bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Khusus untuk kentang ungu menawarkan manfaat penurun kolesterol tambahan berkat kandungan antosianinnya.

Anthocyanin adalah jenis flavonoid, subkelompok dari kelompok besar senyawa polifenol pada tanaman, yang memberi tanaman warna ungu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *