Cara Mengatasi OCD Dari Diri Sendiri

198 View

Bdg.co.id Cara Mengatasi OCD Dari Diri Sendiri bagi yang sedang mengalami kelainan pada bagian psikologis atau pemikirian obsesif sangat amat perlu untuk di lakukan.

Karena salah satu gejala yang sangat berbahaya adalah pengidap OCD akan melakukan tindakan yang tidak masuk akal sebagai salah satu tanggapa terhadap ketakutan dari pemikiran yang sangat obsesif.

Apa Pengertian Dari OCD (Obsessive Compulsive Disorder)?

OCD sendiri adalah sebuah gangguan pada perilaku yang sangat kronis yang akan membuat pengidap tidak mampu untuk mengendalikan pikirannya serta akan melakukan tindakan kompulsif.

Pengidap akan terperangkap ke dalam siklus pikirannya sendiri dan akan membuat perbuatan yang berulang ulang selama beberapa jam.

Sehingga dengan adanya dampak seperti ini akan mengganggu aktivitas normal dari si pengidap penyakit ini.

5 Cara Mengatasi OCD dari Diri Sendiri yang Ampuh

Untuk pengidap OCD di tingkat terparah harus melakukan penyembuhan dengan bantuan dari psikiater agar dapat membantu pemulihannya.

Selain itu pengidap penyakit ini harus melakukan beberapa psikoterapi dan juga mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala yang akan timbul nantinya.

Untuk pengidap OCD ringan pengidap dapat melakukan beberapa langkah dengan sendirinya agar bisa menangani nya, berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus kalian lakukan.

Mencari Tahu Pemicu dari OCD

Seorang pengidap OCD harus mengetahui penyebab dari penyakit yang ia derita ini dengan cara menemukan tanda-tanda dari penykit OCD yang sedang di deritanya.

Jika sudah terpikirkan maka selanjutnya adan bisa menuliskan secara rinci urutan dari intensitas kecemasan dan ketakutan akan hal tersebut lalu cari solusi untuk mengatasinya.

Gejala Muncul Harus Dilawan

Jika sudah mengetahui sifat komplusif yang sering terjadi dari penyebab kecamasan tersebut, maka Anda harus bisa melawan gejala yang akan timbul.

Jika hal tersebut sudah bisa di lakukan maka pemikiran obsesif akan segera berakhir dan kecemasan bisa menjadi ringan.

Menantang Pemikiran Obsesif

Selanjtunya Anda memikirkan apa yang Anda takutkan dan coba untuk menghadapinya. Sebagai contoh jika adan takut akan kuman dan tidak berani memegang benda umum, selanjutnya anda pasti akan melakukan cuci tangan yang berlebih.

Nah sebelum melakukan mencuci tangan tersebut anda bisa bertanya kepada diri anda apakah hal tersebut benar benar harus Anda lakukan ?.

Mengontrol dan Mengendalikan Stres

Selanjutnya adan harus melakukan tindakan yang bisa membantu anda untuk tidak terlalu stres hal ini akan membantu menghilangkan rasa kecemasan yang berlebih ya.

Seperti halnya adan bisa melakukan yoga atau melalukan perjalan liburan agar pikiran Anda terhindar dari yang namanya stress.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan atau mengurasi OCD dengan diri sendiri, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *