5 Daun-daunan Penurun Kolesterol Tinggi

51 views

bdg.co.id Daun penurun kolesterol tinggi aman dikonsumsi setiap hari. Jenisnya juga sangat beragam. Bahkan beberapa dari mereka ditemukan di dapur Anda atau ditanam di halaman.

Bagi anda yang sedang berjuang untuk menurunkan kadar kolesterol melonjak harus mencoba daun ini. Sedangkan untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsi daun ini dengan berbagai cara.

Salah satunya dimakan langsung atau direbus dan diminum dengan air. Seperti diketahui, menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara yang terbukti menurunkan kolesterol tinggi.

1. Daun Fenugreek

Daun Fenugreek biasanya digunakan sebagai bumbu dan sayuran. Daun ini kaya akan asam folat, vitamin A dan vitamin C, serta banyak mineral seperti kalium, kalsium dan zat besi.

Biji Fenugreek juga merupakan sumber vitamin K. Fenugreek membantu mengurangi produksi kolesterol tubuh, terutama kolesterol jahat.

Penelitian Sistem Kesehatan Universitas Michigan menemukan saponin steroid dalam biji fenugreek dianggap memperlambat penyerapan kolesterol di usus dan hati.

2. Daun Artichoke

Para peneliti di University of Reading menemukan ekstrak daun artichoke, yang umumnya dijual dalam bentuk suplemen, dapat menurunkan kolesterol.

Daun Artichoke adalah salah satu tanaman yang kaya akan sumber flavonoid yang membantu menurunkan kolesterol plasma.

3. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin.

Eugenol dalam daun kemangi dapat memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam kemangi juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

4. Daun Kari

Penelitian menunjukkan bahwa daun kari kaya akan alkaloid dan senyawa fenolik yang merupakan zat pelindung dan bergizi bagi kesehatan.

Daun kari juga kaya akan antioksidan, berbagai vitamin seperti a, B, C dan E yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menekan stres oksidatif. Makan daun kari secara teratur dapat mengurangi faktor risiko kolesterol tinggi.

5. Daun Salam

Daun salam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal tentang hal ini dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.